Perbedaan Gondok Dan Gondongan

Perbedaan Gondok Dan Gondongan

Perbedaan Gondok Dan Gondongan ~ Penyakit gondongan dan gondok ternyata merupakan penyakit yang berbeda, meskipun namanya hampir sama dan penampakannya mirip, yaitu pembesaran kelenjar, ternyata penyakit gondok dan gondongan sangatlah berbeda. Berikut perbedaan gondok dan gondongan secara umum :

Perbedaan Gondok Dan Gondongan

 

Penyakit Gondok

Istilah gondok juga bisa di sebut dengan goiter adalah penyaki yang di sebabkan ganguan hormon tiroid, yang menimbulkan bengkak pada leher. Bukan di pipi ataupun di bawah telinga. Dan gondok bisa di ketahui ketika menelan ludah, karena kelenjar tiroid akan bergerak ke atas. Namun untuk berat ringannya penyaki ini ditentukan oleh ukuran pembesaran kelenjar tiroid dan gangguan produksi hormonnya. Kaum wanita adalah yang paling sering  mengalami gangguan tiroid.

Sementara dalam buku family health book mayo clinic disebutkan bahwa giter atau gondok adalah istilah umum untuk kelenjar tiroid yang membesar. pembesran ini mungkin hanya berupa benjolan setempat atau pembengkakan kedua lobus kelenjar tiroid. Ada beragam penyebab pembengkakan kelenjar tiroid. Mulai dari gangguan autoimun hingga penyebab yang paling umum, yakni kekurangan zat yodium.

Perbedaan Gondok Dan Gondongan

Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan atau dalam bahasa medis proritis efidemika (mumps) adalah penyakit akut menular, Dan penyakit gondongan sendiri dipicu oleh virus yang menyebabkan nyeri pada kelenjar air ludah (parotis). Penularan virus ini melalui percikan ludah yang berasal dari batuk atau bersin penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita. kelenjar parotis letaknya tepat di bagian bawah dan di depan telinga sehingga sering menyebabkan pembengkakan pada pipi bagian bawah dan leher bagian atas. Disebabkan oleh virus paramyxovirus. Yang perlu dilakukan ketika seseorang terkena panyakit gondongan adalah meningkatkan daya tahan tubuh karena jika sistem imun lemah, maka tubuh mudah ditumpangi infeksi lain, termasuk kuman.

Menurut literatur, ada sekitar seperempat wanita remaja pria belasan tahun dan pria dewasa yuang pernah terserang gondongan mengalami peradangan pada testisnya (orkitis). Dokter bisa mendiagnosis gondongan apabila menemukan virus godongan di air liur atau menemukannya adanya peningkatan produksi antibodi gondongan dalam darah. Akan tetapi, pemeriksaan seperti ini jarang diperlukan. Karena penyakit gondongan adalah virus maka sakit gondongan bisa sembuh sendiri.

Jika anda mengalami penyakit gondok atau gondongan yang tak kunjung sembuh, sebaiknya anda segera melakukan pengobatan dari sekarang. QnC Jelly Gamat adalah obat gondongan dan gondok yang paling kami rekomendasikan untuk  anda. INFO LENGKAP DAN PEMESANAN SILAHKAN KUNJUNGI => OBAT GONDOK BERACUN

Perbedaan Gondok Dan Gondongan

Salam sehat, Spesialis Obat Gondok

Baca Juga :

Pantangan Makanan Penyakit Gondok

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *